Blog Single

09 Aug

Rapimcab Perdana IPPNU Secabang Kencong: Pemberdayaan Perempuan dalam Perannya di Orgasasi

Jarkominfo Kencong (08/08) – Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdatul Ulama (PC IPPNU) Kencong menggelar kegiatan Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab) perdana. Kegiatan ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Raden Rahmat, Umbulsari yang dihadiri sebanyak 25 peserta dari perwakilan Pimpinan Cabang, Pimpinan Anak Cabang, Pimpinan Komisariat, dan Pimpinan Ranting IPPNU wilayah Kencong.

Sebelum kegaitan rapat dimulai, talkshow dengan mengusung tema gender menjadi sajian pembuka untuk para peserta Rapimcab. Pembahasan mengenai “Peran dan Tantangan Kepemimpinan Perempuan dalam Organisasi”, dengan Hatika Bafalda, S. Pd. sebagai narasumber. Tema dan tajuk talkshow ini dipilih sebagai bentuk gambaran isu yang saat ini menjadi highlight di masyarakat.

Sebagai perempuan, Ia tidak hanya menjadi objek di masyarakat, namun juga bisa menjadi subjek dan pusat dalam masyarakat itu sendiri. Pendidikan tentang keperempuanan ini menjadi penting dan urgen dalam lapisan organisasi, karena dalam praktiknya perempuan masih saja mendapati adanya stereotip dan kemarginalan dalam gender. Menurut Mbak Hatika, bahwasannya perempuan itu memiliki kepunyaan atas dirinya sendiri. Perempuan bisa memiliki profesi apapun, bisa menggapai cita-citanya, bahkan perempuan bebas memilih dengan siapa dan di usia berapa Ia menikah. Karena perempuan itu “empu” (punya) atas dirinya sendiri.

Selesainya kegiatan talkshow, barulah Rapimcab dibuka, yang mana kegiatan ini mengusung tema “Konsolidasi dan Sinergi untuk Keunggulan Organisasi”.

“Tema ini sengaja dipilih agar di setiap lapisan organisasi Nahdatul Ulama dibawah kepemimpinan PCNU Kencong memiliki komunikasi dan konsolidasi dalam menggelar setiap acara. Karena berkaca dari kegiatan yang diadakan oleh Pimpinan di bawah PC IPNU IPPNU Kencong, terdapat miskomunikasi. Dan apabila ini berlanjut, maka akan mengurasi sinergitas berorganisasi.” Ucap Ely Istiqomah selaku Ketua PC IPPNU Kencong.

Konsolidasi dan sinergi dalam berorganisasi merupakan hal penting untuk selalu ditingkatkan, sebagai bentuk dan gambaran dari sebuah organisasi yang unggul dan berprogres lebih baik.

Terlepas dari kegitan yang berjalan dengan lancar dan kondusif, terdapat hal yang menarik. Yaitu dalam kegiatan ini, IPNU dan IPPNU menggelar rapat secara terpisah dari teman sejawat, alias IPNU. Hal ini dikarenakan karena secara Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD-PRT), IPNU dan IPPNU memiliki isi yang berbeda. Didukung dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sehingga dari banyaknya peserta sendiri dibatasi.

Untuk kegiatan Rapimcab sendiri, selain pembatasan peserta, juga diperhatikan pula protokol kesehatan untuk keberlangsungan dan kewaspadaan akan Virus Covid-19.

Penulis: Akhsani Ulvatun Ni’mah

Related Posts

Leave A Comment